Sabtu, 09 Mei 2015

Filled Under:

Biografi Ki Hajar Dewantara

Share

Siapa yang tau dengan Ki Hajar Dewantara? Semua orang pasti tau dengan sosok Ki Hajar Dewantara, ituloh yang pelopor kata Tut Wuri Handayani. Nah Ki Hajar Dewantara sendiri juga teman dari Boedie Oetomo dan dia aktif di organisasi itu menjadi Seksi Propaganda yang untuk menyosialisasikan dan menggugah kesadaran masyarakat Indonesia yang terutama di Jawa mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan dalam berbangsa & negara. 

Ki Hajar Dewantara menjabat sebagai Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia yang ke 1, Ki Hajar Dewantara lahir di Yogyakarta pada tanggal 2 Mei 1889, putra dari GPH Soerjaningrat dan juga cucu dari Pakualam III. Ki Hajar Dewantara menamatkan pendidikan Sekolah Dasar di ELS (Sekolah Dasar Eropa/Belanda) dan melanjutkan ke STOVIA (Sekolah Dokter Bumiputera), karena sakit akhirnya Ki Hajar Dewantara tidak menamatkan pendidikannya di STOVIA. Ki Hajar Dewantara pun sempat bekerja sebagai penulis & wartawan di beberapa surat kabar, Ki Hajar Dewantara juga mantap dalam menulis, tulisannya sangat komunikatif dan sangat tajam.

Ki Hajar Dewantara menjabat sebagai Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia pada tanggal 2 September 1945 - 14 November 1945, dan digantikan oleh Todung Sutan Gunung Mulia dan Ki Hajar Dewantara wafat pada 26 April 1959, tutup usia pada 69 tahun.